Rabu, 19 Agustus 2009

Studi Kepustakaan

Langkah ini merupakan langkah yang sangat menentukan, mengapa? Biasanya setelah kita tahu ada masalah penelitian.... (ingat tidak semua masalah adalah masalah yang layak untuk diteliti), langkah selanjutnya kita akan mencari teori atau pendapat para ahli yang berhubungan dengan ini. Langkah keempat ini mengharuskan kita membaca dan terus membaca.... Apa yang harus dibaca? Yang harus dibaca tentunya adalah bahan bacaan yang terkait dengan masalah yang akan kita jadikan sebagai penelitian. 
Beberapa hal yang penting dalam membaca!
1. Membaca tidak berarti kita harus membeli dan menumpuk bahan bacaan. 
Penyakit mahasiswa biasanya adalah merasa aman kalau sudah mengumpulkan bahan bacaan, walaupun tidak pernah dibaca.... Nah kalo penyakit tersebut juga sama menjangkiti anda maka berobatlah... caranya? Mulai sekarang biasakan membaca....
2. Kumpulkan bahan-bahan yang penting saja. 
Studi kepustakaan tidak mengharuskan anda membeli semua buku yang ada di toko buku. Pilihlah sesuai dengan keperluan anda. Bila mungkin anda memphoto copy bahan. Photo copy semua buku? Bagi yang kantongnya tebal tentunya sah-sah saja memphoto copy semua bahan bacaan. Tapi ada pertanyaan yang harus anda jawab sebelum membeli atau memphoto copy sebuah bahan bacaan atau literatur yaitu apakah benar buku atau literatur tersebut benar-benar diperlukan? 
Bagaimana cara mengetahui buku tersebut benar-benar diperlukan atau tidak? Untuk mengetahui anda dapat lihat daftar isi atau index buku, pastikan apakah ada yang anda perlukan? Atau minimal ada bahan yang dapat memperkuat tulisan anda. Jika anda pikir dalam buku tersebut ada bahan yang dapat anda ambil dan anda punya uang.... ya beli saja... akan tetapi jika kantong terbatas maka anda dapat mencari pinjaman dari perpustakaan? 
Perpustakaannya jauh dan tidak lengkap...puih.... 
Tenang ada internet, anda dapat menggunakan internet untuk mencari literatur? Dan anda tahu bahwa internet merupakan gudangnya ilmu... bagi yang tahu...he he. Dengan menggunakan internet anda dapat mencari beribu-ribu buku walaupun kenyataanya anda harus bayar juga... pake dollar lagi. 
Bagi yang sering surfing (bukan dilaut.....) serius dong! Ya bagi anda yang tahu tentang internet disana banyak buku bajakan yang di lempar begitu saja oleh orang yang tidak bertanggung jawab tetapi baik hati...he he he. Dan kita bisa menemukannya di internet. Jangan harap anda dapat buku dengan jilid yang bagus... yang akan ada dapat adalah buku elektronik. Ya iya lah.... 

Lalu bagaimana caranya bagaimana mencari buku di internet? 
Mencari buku di internet bagi yang sudah mahir adalah sebuah tindakan yang sangat mudah... kadang dalam satu jam kita sudah dapat puluhanan buku yang sesuai dengan harapan kita... walaupun tidak punya uang. Serius? Saya jamin bisa....

Terdapat beberapa langkah yang dapat anda lakukan pada saat akan mencari buku di internet diataranya:
1. Anda menggunakan mesin pencari
2. Anda dapat langsung menuju situs yang dapat memberikan buku secara gratis
3. Anda harus bisa mendownload buku tersebut (mendownload artinya mengambil buku dari sebuah situs dan disimpan ke komputer anda atau flash disk anda. 
4. Anda harus punya software untuk membuka buku tersebut misalnya pdf, pdb dan lainnya.

Contoh buku dapat anda dapatkan di www.bukukeperawatan.blogspot.com dan www.istanaebook.blogspot.com 

Tidak ada komentar: